Besok, Dahlan Iskan Buka Rakernas SPS di Pekanbaru

[IMG:dahlan-iskan-buka-rakernas-di-pkb.jpeg]

Riauterkini-PEKANBARU-Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan, akan membuka Rapat Kerja Nasional Serikat Perusahaan Pers (Rakernas SPS) Jum'at (13/7) di Hotel Pangeran, Pekanbaru.

Dahlan Iskan yang merupakan Ketua Umum SPS Pusat direncanakan mendarat di bandara Sultan Syarif Qasim II, Jum'at pukul 12.20, dan siang harinya langsung membuka Rakernas, lalu dilanjutkan dengan Seminar Nasional bertajuk, "Implementasi Kebijakan MP3I di Wilayah Sumatera. Dalam seminar ini, Dahlan sekaligus menjadi keynote speaker," kata Ketua SPS Cabang Riau, H. Syafriadi, SH, MH melalui siaran persnya, Rabu (11/7). Empat orang gubernur, akan turut membentangkan makalah dalam seminar itu, yakni Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Jambi, Gubernur Sumatera Utara, dan Gubernur Sumatera Barat. Sementara Gubernur Riau, HM Rusli Zainal, menyampaikan makan di hari Sabtu (14/7) bersama Menko Ekuin, Hatta Radjasa dan Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan.

Rakernas SPS yang berlangsung Jum'at dan Sabtu, selain diisi dengan seminar tentang MP3I juga dirangkai dengan seminar nasional "Menuju Standarisasi Perusahaan Pers" dengan menghadirkan pembicara Bambang Harymurti (Wakil Ketua Dewan Pers), Endy Subiantoro (Direktur Pengembangan Usaha Bisnis Indonesia), H. Darlis Sofyan (Wakil Pemimpin Umum Harian Singgalang), Hery Hernawan (Direktur Pemasaran Majalah Tempo), legiman Misdiyono (Direktur Tabloid Pulsa), Syamsuddin Hadi Sutarto (Ketua Bidang Anggota SPS Pusa).

Syafriadi menjelaskan, Rakernas SPS merupakan kegiatan satu periode kepengurusan yang dilaksanakan minimal sekali dalam empat tahun. Selain diikuti seluruh Pengurus SPS Pusat, Rakernas juga dihadiri sekitar 150 orang tokoh pers di seluruh Indonesia, mereka adalah ketua-ketua SPS cabang dan pimpinan media anggota SPS termasuk dari Provinsi Riau. "Selama dua hari seluruh peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan yang yang cukup padat, termasuk jamuan makan malam oleh Gubernur Riau di Gedung Daerah pada Jum'at malam," kata Syafriadi.

Rakernas sendiri, lanjut Syafriadi, akan dirangkai dengan Konferenci CEO Media. Syafriadi berharap, Rakernas SPS tahun 2012 menghasilkan sejumlah rekomendasi berkait dengan kegiatan yang sudah direncanakan oleh SPS Pusat terutama soal standarisasi perusahaan pers. Sebab, seperti terjadi sekarang, sejak UU No. 40 tahun 1999 terbit, pers tumbuh dan berkembang mengikuti dinamika masyarakat. "Sebelum undang-undang itu lahir tak mudah bagi menerbitkan media karena untuk menerbitkan media harus mendapat SIUPP dari menteri penerangan. Sekarang tidak, begitu SIUPP dihapuskan banyak orang tertarik bergerak di bidang penerbitan karena tidak perlu lagi izin. Seminar standarisasi perusahaan pers dan konferensi CEO media hendaknya melahirkan sejumlah rekomendasi yang dapat dijakan rujukan oleh Dewan Pers dalam membuat regulasi-regulasi yang terkait dengan perusahaan pers," ungkap Syafriadi.

Bersempena dengan Rakernas SPS ini, SPS Pusat juga akan memberi penghargaan Pemenuhan Piagam palembang bagi Anggota SPS, penghargaan untuk Sahabat Pers dan Penghargaan bagi Tokoh-tokoh Pers. "Riau berterima kasih kepada Pusat sudah mempercayaan SPS Cabang Riau sebagai tuan rumah. Kepercayaan ini besar sekali faedahnya bagi perkembangan pers di Riau," tegas Syafriadi.***(rls)